• Uncategorized
  • 0

Apikasi Penyedia Informasi Kampus Sekolah Tinggi SE- Indonesia berbasis Android bagi penyandang Disabilitas

                       Program Kreatitas Mahasiswa

 

                              JUDUL PKM

   Apikasi Penyedia Informasi Kampus Sekolah Tinggi SE- Indonesia berbasis Android bagi penyandang Disabilitas

 KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan  rahmat  dan  hidayah-Nya.  Sholawat  dan  salam  kepada  Rasulullah  Muhammad  SAW, Tauladan sejati sampai akhir zaman sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan  Program  Kreativitas  Mahasiswa-Gagasan  Tertulis  (PKM-GT)  yang berjudul “Apikasi Penyedia Informasi Kampus se-indonesia berbasis Android bagi penyandang disabilitas” dengan  baik  tanpa  suatu halangan yang berarti. Tulisan ini disusun sebagai usulam PKM-GT tahun 2018.   Terselesainya  penulisan  PKM-GT  ini  adalah  berkat  dukungan  dari  semua pihak,  untuk  itu  penulis  menyampaikan  terima  kasih  yang  sebanyakbanyaknya kepada:

  1. Bapak dosen pembimbing  yang  membimbing dan memberikan  arahan kepada penulis.
  1. Orang tua penulis yang selalu memberikan dukungan dan do’anya.
  2. Segenap pihak yang telah ikut andil dalam proses penyelesaian penelitian

   ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.

4.Para anggota dan karyawan

Penulis  menyadari  bahwa  tulisan  ini  masih  banyak  memiliki  kekurangan.  Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi  kesempurnaan  tulisan.  Semoga  tulisan  ini  dapat  memberi  manfaat  bagi perkembangan  ilmu  pengetahuan  dan  sumbangan  ilmiah  yang sebesar-besarnya  bagi penulis dan pembaca.

                                                                         Daftar isi

  • Halaman Judul …………………………………………………………..  i
  • Halaman Pengesahan …………………………………………………..  ii
  • Kata Pengantar  …………………………………………………………. iii
  • Daftar Isi …………………………………………………………………… iv
  • Ringkasan ………………………………………………………………….  v
     Pendahuluan …………………………………………………………………..  1
  1. Tujuan ………………………………………………………………………….  2
  2. Manfaat …………………………………………………………………………. 2
  3. Gagasan  …………………………………………………………………………  2
                A.Kondisi Kekinian  ……………………………………………………….. 2
                 B.Solusi Yang Pernah Dilakukan  ………………..,…………………..  3
  1.    Kehandalan Gagasan  ……………………………………………………….. 3
  2.  Pihak-pihak Yang Membantu  ……………………………………………….. 3
  3.    Langkah-langkah Strategis  ……………………………………………….. 5
  4. Kesimpulan ………………………………………………………………………..  7
        5.Daftar Pustaka  ………………………………………………………………  8
         6.Kelompok…………………………………………………………………………. 9

APLIKASI PENYEDIA INFORMASI KAMPUS SEKOLAH TINGGI SE- INDONESIA () BERBASIS ANDROID BAGI DISABILTAS

  • RINGKASAN

       Sistem informasi disegala bidang belakangan ini menjadi topik pembicaraan dan penelitian para programer yang ahli. Salah satu kajian tentang sistem informasi kegiatan kampus berbasis android. Dimana pemanfaatannya sangat diharapkan dalam dunia pendidikan, dibatasi oleh ruang lingkup pada jenjang perguruan tinggi digunakan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa tentang pembaharuan jadwal yang meliputi dosen pengajar, ruang, waktu dan mata kuliah. Serta digunakan untuk memberikan pengumuman yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahan. Guna meningkatkan performa sistem informasi kegiatan kampus berbasis android diperlukan kajian dari sisi user untuk menghasilkan sistem informasi yang userfriendly. Hal ini diharapkan agar dapat membantu dan memudahkan mahasiswa dalam mengetahui informasi terbaru dari kampus secara realtime.  Hubungan antara sistem berbasis android dengan informasi kegiatan kampus merupakan kajian utama dalam meningkatkan kulitas informasi melalui teknologi berupa smartphone android. Android merupakan kumpulan perangkat lunak yang ditujukan bagi perangkat bergerak mencakup operasi sistem, middle ware, dan sistem kunci. Android memegang peranan penting dalam kajian ini karena android dapat digunakan diperangkat manapun, tanpa terikat oleh vendor manapun dan banyak pengguna sistem operasi android. Untuk membuat aplikasi ini digunakan sebuah perangkat lunak yang bernama Eclipse, JDK, ADT, Android SDK.

  1. PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

 

        Sekolah Tinggi /universitas se- indonesia  Seperti halnya kampus akan memberikan informasi rutinitas kampus umumnya yang rutin memberikan informasi-informasi kepada mahasiswanya, menggunakan papan pengumuman, SMS Gateway, dan Website. Saat ini university beralih dari menggunakan SMS Gateway menjadi WhatsApp dalam memberikan informasi. Informasi yang ditempel pada papan pengumuman dapat diketahui melalui Facebook, sedangkan Kartu Rencana Studi (KRS) yang manual sudah dapat dilakukan secara online.

      Akun sosial media yang dimiliki universitas digunakan untuk menyampaikan informasi kampus yang hanya memuat informasi kegiatan kampus dan pengumuman-pengumuman penting terhadap mahasiswa. Sedangkan seperti jadwal perkulihan yang meliputi ruangan perkuliahan, dosen pengajar, waktu perkuliahan, nilai yang terintegrasi dengan sistem KRS kampus, dan informasi lainnya masih belum dapat diakses melalui akun sosial media yang dimiliki  saat ini hanya bisa di gunakan oleh orang biasa. Bertambah banyaknya mahasiswa kampus universitas juga menjadi salah satu alasan munculnya sebuah gagasan atau ide untuk menyelesaikan permasalah tersebut  dengan membuat aplikasi sistem informasi berbasis Android yang dapat diakses secara reliable.

      Android belakangan ini menjadi topik pembicaraan. Salah satu kajian tentang gadget adalah memudahkan suatu akses informasi, dimana pemanfaatannya sangat diharapkan dalam dunia perkuliahan, misalnya pemanfaatan untuk sebuah penyedia informasi suatu sekolah tinggi, digunakan untuk memudahkan informasi pembaharuan jadwal perkuliahan, ruangan perkuliahan, dosen pengajar dan informasi lainnya. Selain memiliki aplikasi penyedia informasi yang berbasis Android, Android sangat menarik untuk dikaji menggunakan ilmu teknologi.

      Beberapa kelebihan yang dimiliki Sistem Operasi Android tersebut, seperti kemudahan bagi Developer untuk mengembangkan dan menciptakan aplikasi Android; bersifat Multitasking yang dapat menjalankan berbagai aplikasi dalam satu waktu; kemudahan dalam pemberitahuan atau notifikasi pesan, Email dan lainnya; mudah dalam memodifikasi tampilan pada Homescreen dan lainnya. Selain itu Android memiliki sistem yang Open Source, banyak orang dapat memodifikasi sistem dari Android dengan mudah tanpa perlu menjadi developer untuk  mengembangkan aplikasi Android. Android Market disebut sebagai Paradise of Free Apps karena penyediaannya terhadap aplikasi-aplikasi yang ratarata  didapatkan secara Free atau gratis . Presentasi penggunaan Mobile Android

  1. TUJUAN

      Dari masalah – masalah yang telah dirumuskan, maka dapat diketahui tujuan dari gagasan ini, yaitu:

                       Membuat Aplikasi Penyedia Informasi Kampus se-indonesia berbasis Android bagi penyandang disabilitasMANFAAT

  1.   Untuk memudahkan pemberian informasi tantang pembaharuan jadwal perkuliahan terbaru yang meliputi ruangan perkuliahan, dosen pengajar, dan waktu perkuliahan kepada seluruh mahasiswa bukan hanya yg normal tapi juga bagi penyandang di sabilitas
  2.   Memberikan kemudahan untuk memberikan informasi tentang kegiatan kampus BAGI PENYANDANG DISABILITA

GAGASAN

Kondisi Kekinian

 Dalam kegiatan perkuliahan pemberian informasi yang terbaru sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Informasi tentang aktivitas belajar mengajar dapat berupa pembaharuan jadwal perkuliahan yang meliputi dosen pengajar, ruangan perkuliahan dan waktu perkuliahan, serta informasi tentang kegiatan dalam kemahasiswaan yang menyangkut tentang kebutuhan seorang mahasiswa. Kekurangan suatu informasi yang penyampaiannya kurang jelas akan mempersulit penerima informasi tersebut.

        Saat ini universitas menggunakan papan pengumuman untuk memberikan informasi pada mahasiswa. Pihak kampus mengharapkan mahasiswa aktif mengikuti informasi yang terbaru. Menggunakan papan pengumuman memiliki kelemahan yaitu ketika mahasiswa tidak berada di kampus, maka mahasiswa terlambat mengetahui informasi terbaru sehingga akan terjadi kesalahpahaman antara pihak kampus dan mahasiswa.

       Android adalah sebuah sistem operasi yang berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat selular berlayar sentuh, contohnya Smartphone, Tablet.  Handphone dengan sistem operasi Android sedang banyak dicari orang saat ini. Bila semula harga HandphoneAndroid cenderung lebih tinggi bila dibanding dengan jenis Handphone yang sama di kelasnya, saat ini harga

Handphone Androidsudah lebih terjangkau. Tidak sedikit masyarakat yang memutuskan untuk beralih menggunakan jenis Handphone ini karena dirasa koneksi internetnya lebih cepat bila dibandingkan dengan Smartphone yang lain.

     Sebagai Software yang berfungsi untuk membantu manusia dalam mempermudah aktivitasnya. Sistem operasi Android juga memiliki berbagai kelebihan dan kelemahan. Dlam pengoperasiannya digunakan untuk sistem Relational Data Base Management  System (RDBMS)

.

SOLUSI YANG PERNAH DILAKUKAN

      Berdasarkan kondisi kekinian yang telah terjadi dalam sistem informasi pada sebuah Sekolah Tinggi telah memberikan informasi melalui sebuah papan pengumuman  yang kurang menjamin untuk seluruh mahasiswa mengetahuinya. Maka  melakukan beberapa solusi yang dilakukan dengan cara membuat Grup pada jejaring sosial seperti Facebook, SMS Gateway, WhatsApp dan website dari kampus. Berdasarkan pengamatan banyak mahasiswa yang tidak memanfaatkan sistem penyedian informasi melalui media sosial seperti Facebook, SMS Gateway, WhatsApp dan website dari kampus dan memberikan aplikasi / sensor yamg mudah digunakan oleh penyandang disabilitas

KEHANDALAN GAGASAN

     Berdasarkan kekurangan dari sistem pemberian informasi yang sudah ada, Maka dibuatlah gagasan “Aplikasi Penyedia Informasi Kampus se-indonesia berbasis Android”. Keuntungan dari aplikasi ini adalah meningkatkan kualitas informasi melalui teknologi berupa smartphone Android. Karena sudah banyaknya pengguna android, maka aplikasi ini dibuat dengan berbasis android. Melalui smartphone mahasiswa mudah mengetahui informasi terbaru.

 D.LANGKAH-LANGKAH STRATEGIS

     Adapun langkah-langkah stategis yang akan dilakukan dalam pembuatan

“Aplikasi Penyedia Informasi Kamppus se-indonesia Berbasis Android”  ini adalah:

 Mengumpulkan jurnal ilmiah dan buku yang berkaitan dengan pembahasan ini sebagai literatur guna menunjang pembuatan “Aplikasi Penyedia Informasi Kampus  Berbasis Android”.

 Pembuatan proposal (laporan rencana kegiatan) dan perencanaan aplikasi serta sumber daya yang meliputi

 Membatasi penyedia informasi kampus yang  hanya memuat informasi pembaharuan jadawal perkuliahan meliputi ruang perkuliahan, dosen pegajawaktu, dan nilai mahasiswa yang terintegrasi dengan sistem KRS kampus.

 Menyusun jadwal pelaksanaan

BULAN
 Macam Kegiatan 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Penyusunan Proposal                  
Penyusunan Alat & Bahan                  
Studi Pustaka                  
Perancangan

Perangkat Lunak

                 
Pembuatan

Perangkat Lunak

                 
Pengujian Dan Pengukuran                  
Menganalisa Hasil Pengujian                  
Membuat Laporan & Penggandaan                  
Pelaksanaan Seminar                  
Penyusunan Artikel Ilmiah                  
Pengiriman Naskah Ilmiah                  

 Membagi pekerjaan pemrograman ke dalam github. Agar mudah terawasi dan terdokumentasi serta dapat berkolaborasi dengan banyak sumber daya manusia untuk membuat aplikasinya.

 Penentuan platform kerja yang akan digunakan untuk membuat “Aplikasi Penyedia Informasi Kampus  Berbasis Android bagi penyandang disabilitas” yang meliputi:

 

Hardware:

Smartphone

PC yang dibedakan menjadi 2, yaitu: 

Spesifikasi PC Server:

1)  Prosesor     :  Intel(R) Celeron(R) CPU 1000M

2)  Memori      :  2,00 GM

3)  Mousepad, Keyboard.

  • Spesifikasi PC Programmer:

1)  Prosesor     : Intel(R) Celeron(R) CPU 1000M

2)  Memori      : 2,00 GM

3)  Mousepad, Keyboard.

Software:

  1. Android
  2. Github
  3. Eclipse
  4. Java Development Kit (JDK)
  5. Android Development Tool (ADT)
  6. Software Development Kit (Android SDK)
  7. Editor grafis : Photoshop
  8. Database : mysql
  • Perancangan framework meliputi, perancangan struktur menu dan perancangan interface.
  • Analisis kebutuhan dan analisis resiko yang terdapat faktor penentu keberhasilan dan faktor penghambat serta memuat juga menajemen strategi resiko yang memaparkan solusinya juga.
  • Analisis desain sistem yang meliputi struktur view point, pemodelan sistem user, pemodelan sistem admin, membuat Data Flow Diagram (DFD), Entity Relations Diagram (ERD), struktur rincian pekerjaan (Work Breakdown).
  • Mengerjakan script coding sesuai yang direncakan.
  • Membuat paket script coding menjadi sebuah aplikasi yang dapat diunduh dan dapat terpasang pada smartphone berbasis android.
  • Prototype dan testing.
  • Dokumentasi yang baik tentang pembuatan aplikasi ini dari awal sampai siap di pakai.

 

                                                                                                                            KESIMPULAN

Aplikasi Penyedia Informasi Kampus berbasis Android adalah aplikasi penyedia informasi kegiatan kampus yang dapat diakses melalui smartphone yang mamiliki sistem operasi Android yang mampu di gunakaan oleh penyandang disabilitas

Prediksi hasil yang didapat dari hasil kajian ini adalah membantu mahasiswa dalam memperoleh informasi kegiatan kampus, membatu pihak kampus dalam memberikan kepada mahasiswa.

 

                                                                                                                          DAFTAR PUSTAKA

 

Git Distributed is the New Centralized 2012 , viewed 6 Maret 2015, < http://git-scm.com/book/id/v1/Memulai-Git-Dasar-Git

Jadi Programmer Keren degan Git 2010. Tutorial Open Source Indonesia, Indonesia, viewed 6 Maret 2015 < http://www.makeitfossible

web.id/2010/11/16/jadi-programmer-kerendengan-git/>.

                                                                                  Kelompok

                                                                                                    1.Refandi nur hida yat (6706184037)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *